Tadinya mau ikut trenn (halah) bikin blog buat our wedd preparation, tapi ternyata kami berdua malas menulis..

Baru sekarang ketika sudah H-4 bulan (basiiii ya??) mulai berniat untuk menulis. Niatnya sih semoga bermanfaat buat yang lain.

Persiapan pernikahan kita dimulai sejak awal bulan Februari 2009. Kira-kira 10 bulan sebelum hari H. Setelah secara resmi acara lamaran dilakukan, kita mulai bergerilya buat melakukan persiapan. InsyaAllah kalau untuk persiapan mental (yang paling penting niiyh) sudah OK.

Dari pengalaman itu jadi mau berbagi sedikit tips, langkah-langkah untuk melakukan persiapannya.

  • Tentukan dulu Hari-H, jumlah undangan dan budget.
  • Bikin RENCANA ACARA PERNIKAHAN..yang penting tema konsep dan warna. Tema konsep tentang pakai acara adat atau tidak. Trus adat apa yang dipakai. Adakah perpaduan antara adat keluarga kita dan pasangan. Konsep pernikahan juga penting untuk ditentukan sejak awal misalnya konsep outdoor casual wedding pasti beda banget sama formal wedding.
  • Bikin TIMELINE,, apa aja yang mesti di survey. Tetapkan deadline untuk masing-masing kategori vendor. Misalnya venue maksimal 6 bulan sebelum acara.
  • Cari Venue yang sesuai sama no.1 dan 2 di atas. Bandingkan antara 2 - 3 venue yang paling sreg di hati. Bandingkan fasilitas yang didapat antara tiap venue (jam penggunaan, listrik, meja-kursi, kamar rias, rekanan vendor)
  • Tentukan pemilihan vendor lain PAKET vs LEPASAN. Ada beberapa venue yang udah punya kerjasama sama rekanan tertentu dan punya paket pernikahan (biasanya include catering, rias dan fotografi). Enaknya ngambil paket sekali deal udah hampir semua beres, relatif lebih murah, tapi ya itu kadang-kadang ada yang juga yang gak pas di hati. Misalnya sreg sama catering tapi kurang klik sama perias. Klo lepasan enaknya bisa memilih sesuka hati tapi capeeek mesti rajin survey dan membandingkan satu sama lain.
  • Kalau akhirnya diputuskan untuk tidak mengambil sistem paket baru dhe cari vendor yang lain seperti: Perias, Busana, Catering, Dekorasi, Fotografi, Entertainment dan Souvenir.
  • Sambil berjalan jangan lupa daftar ke KUA!!
  • Setelah itu baru printilan yang kecil kaya: akomodasi keluarga yang dateng dari jauh, seragam panitia, membeli dan menghias seserahan dan angsul-angsul.
  • Terus dan terus: follow up dan follow up vendor-vendor.
Kira-kira gini dhe urutan kita mempersiapkan pernikahan. Yang udah beres baru urusan vendor yang cukup besar. Yang printil-printil itu masih membutuhkan pengawasan ketat.

Huhuhu masih 4 bulan lagi tapi still many things to do.. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar

..clock..

About this blog

ini blog persiapan pernikahan kita.. dan sedikit kisah dibaliknya.. semoga bermanfaat terutama untuk yang sedang menyiapkan pernikahan..

tick.. tick..

Daisypath Wedding tickers

ShoutMix chat widget