Di postingan sebelomnya saya udah menyatakan keinginan saya yang paling dalam saat menikah yaitu pake prosesi adat jawa solo.

Demi mewujudkan obsesi itu,, saya sering browsing-browsing (lewat oom google tentunya) plus baca-baca buku adat jawa di toko buku. Ternyata yahh banyak banget loooh rangkaiannya. Yang asli itu dimulai dari sebelom lamaran sampe dengan akad nikahnya. Sempet berniat beli bukunya,, tapi urung.. Kan udah ada bu Kiky dari Sanggar Kamaratih plus tante Hesti MC ciamik. Hehehehe..

Jadi niyh, prosesi pernikahan dengan adat jawa solo yang insyaAllah akan saya dan si Mas jalani adalah pengajian-pasang tuwuhan dan bleketepe-siraman-malam midodareni-akad nikah-panggih-resepsi. Semuanya dikemas dalam dua hari tayang saja!! Padeeeet dhe.. Huhu makanya saya selalu berdoa supaya diberi kelancaran dan kemudahan.

Setiap prosesi adat ternyata mengandung banyak makna. Diharapkan setiap penganten meresapi makna-makna tersebut supaya bisa diterapkan dalam kehidupan pernikahannya kelak (cieeeeeeeeeeh). Meskipin awalnya bapak agak ragu dengan prosesi adat itu. Beliau takut banyak unsur syiriknya. Setelah melewati diskusi panjang akhirnya kami memutuskan bahwa niat pernikahan ini ibadah dan semata-mata karena Allah. Prosesi adat itu kami anggap sebagai ajang melestarikan budaya, bukan karena kepercayaan tertentu.

Yak lalu mari kita lanjutkan cerita prosesi adatnya.. Kita mulai dari Tuwuhan dan Bleketepe. Ceritanya niyh kalo orang jawa mau punya hajat mereka akan memulai dengan memasang tuwuhan dan bleketepe di depan rumahnya. Tuwuhan itu perlambang harapan agar pernikahan anaknya dapat memperoleh keturunan sehingga meneruskan perjalanan keluarga. Isi tuwuhan tuu macem-macem. Ada: pohon pisang raja (sama buahpisang nya juga looooh) yang udah mateng, tebu wulung, cengkir gadhing, daun randu dan padi serta bermacam-macam dedauan. Masing-masing punya arti misalnya pisang masak artinya pikiran yang dewasa, cengkir gadhing melambangkan kesuburan. Bleketepe terbuat dari anyaman kelapa yang bermaksud mengayomi atau meneduhkan kerabat dan tamu yang datang.

Pak SBY pasang tuwuhan dan bleketepe dari www.foto.detik.com

Biar gak kepanjangan prosesi berikutnya di part 2 yaaah!!

0 komentar:

Posting Komentar

..clock..

About this blog

ini blog persiapan pernikahan kita.. dan sedikit kisah dibaliknya.. semoga bermanfaat terutama untuk yang sedang menyiapkan pernikahan..

tick.. tick..

Daisypath Wedding tickers

ShoutMix chat widget